Sabtu, 08 Desember 2012

LOMBA CERPEN MAJALH KUNTUM 2012



IMPIAN ANGSA KECIL
Di sekolah harapan bangsa ada seorang siswi yang bernamana Hilda, Jurusan Ilmu pengetahuan Alam. sekarang dia sudah kelas Tiga SMA. Pada hari senin, tepatnya pada jam istirahat di sekolah SMA Harapan Bangsa. Hilda, maya, mawar, Dimas dan teman-teman yang lainnya belajar. Pada jam istirahat tiba, Hilda dan teman-temanya keluar dari kelas untuk sekedar membeli jajanan setelah penat belajar. Mereka duduk di bangku di bawah pohon besar yang sejuk tempat mereka biasa membeli jajanan dan mengobrol.
“Engga terasa yah sekarang kita sudah kelas tiga dan sebentar lagi kita lulus.” ucap Dimas.
“Iyah,, nanti kita akan berpisah dan menjalani kehidupan masing-masing”. Jawab Hilda.
“oyah,, kalian mau lanjutin kemana? Tanya maya.
Mereka pun menjawab secara bergiliran
“kalau saya mau kembali pulang ke kampung halaman saya, dan mencoba membantu orang tua saya disana untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari’’ jawab dimas
‘’ciyee Dimas,, tumben pinter,, hahaaa.. (mawar yang sengaja menggoda dimas) saya juga sependapat dengan kamu, saya ingin kerja dulu, jika uang nya sudah mencukupi saya ingin melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi lagi” jawab mawar
‘’kalian hebat, bagus sekali cita-cita kalian. Saya sangat mendukung kalian. Jika di Tanya saya mau lanjutin kemana, saya ingin melanjutkan kuliah ke universitas yang saya inginkan. Dan kamu may, mau kmana?’’ saut Hilda
‘’saya ingin melanjutkan ke perguruan tinggi karena itu keinginan saya dan harapan orang tua saya.’’ Jawab maya.
Merekapun asyik berbincang-bincang tentang kelanjutan mereka setelah lulus nanti. Bel istirahat pun berbunyi sudah saatnya untuk masuk kelas dan memulai belajar kembali. Bel pun berbunyi kembali yang menandakan waktunya mereka harus pulang.
‘’Hilda,, ayo siapkan teman-temanmu.” Ucap guru Hilda di kelas
“baik pak” jawab Hilda.
Hilda pun menyiapkan teman-temanya dan memberi salam kapada guru ada di kelas itu.
***
Waktu berlalu Kelulusan pun telah tiba, hilda sangat sedih berpisah dengan sahabat-sahabatnya. Mulai hari itu hilda sudah bukan anak SMA yang berseragam putih abu-abu.
Sesampainya Hilda di rumah dan beristirahat, bunda Hilda pun mendekatinya untuk sekedar berbincang-bincang tentang kelanjutan Hilda untuk ke perguruan tinggi.
‘’nak,, kamu mau lanjutin ke universitas mana setelah lulus nanti? Tanya bunda hilda
‘’saya mau ke universitas negeri yang dekat dari tempat tinggal” jawab Hilda
‘’ayah, bunda, dan om kamu yang di Bandung menginginkan kamu kuliah disana.’’
‘’saya engga mau kuliah jauh bunda, saya ingin kuliah di sekitar kota ini saja. Biar tidak jauh dari bunda dan ayah,,”
Maklumlah, Hilda yang saat itu baru berusia delapan belas tahun, tidak ingin jauh dari orang tua nya. Walau pun Hilda pernah di undang untuk mengikuti test beasiswa masuk perguruan tinggi di Jakarta. Kemudian Hilda pun melakukannya hanya untuk membahagiakan hati orang tuanya dan mencoba memberanikan diri untuk berpisah dengan orang tuanya. Namun kenyataan nya lain Hilda hanya mendapatkan 75% beasiswa dari test tersebut. Perasaannya pun bercampur antara senang dan sedih. Senang karena dia tidak jadi kuliah di luar kota dan sedih karena tidak mendapatkan beasiswa penuh, sedangkan orang tuanya menginginkanya.’’
***
Setelah kelulusan, Hilda rajin mencari informasi tentang perguruan tinggi yang dia inginkan. Mulai dari browsing, menanyakan ke teman-teman yang ingin melanjutkan kuliah, menanyakan ke saudara-saudaranya yang sedang kuliah maupun yang sudah lulus.
Pilihanan pun sudah ada di tangan Hilda, dia ingin melanjutkan di universitas negeri Nusantara karena bertempat tidak terlalu jauh dari rumah nya. Hilda pun mengatakan kepada orang tuanya tentang keinginan nya dan meyakinkan orang tuanya bahwa pilihannya itu terbaik dan bisa merubah keadaan lebih baik. Orang tua nya pun menyutujuinya. Perasaan nya bagaikan kupu-kupu terbang melayang-layang di taman bunga yang warnanya bermacam-macam sehingga menambah keindahan bunga di taman tersebut.
Dia pun memulai daftar Seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri dengan sepupunya dan di temani teman sepupunya yang sudah kuliah di universitas yang hilda inginkan tersebut  secara on line. hilda berusaha sekuat tenaga supaya berhasil dalam seleksi tersebut, dia mulai mengurangi waktu main bersama teman-temannya untuk menggantikannya dengan waktu belajar. walaupun banyak yang mengatakan kapada Hilda bahwa yang mengikuti seleksi tersebut kemungkinan kecil untuk mendapatkannya. Di karenakan banyak yang berminat untuk masuk perguruan tinggi negeri.
Setelah satu bulan berlalu sudah saatnya Hilda untuk mengikuti mengikuti test seleksi nasional masuk perguruan tingi tersebut. Keluarganya sangat mendukungnya. Kakak perempuan nya pun selalu ada di sampingnya, mulai dari melengkapi berkas-berkas untuk seleksi dan menghantarkan hilda ke tempat tujuan untuk test. Test berjalan dua hari, pagi buta hilda harus sudah berangkat supaya tidak terlambat, bagaimanapun test tersebut sangat menentukan masa depannya.
***
Waktu berjalan dengan sendirinya satu bulan berlalu, tiba saat nya pengumuman test seleksi nasional masuk perguruan tinggi  negeri Orang tua nya pun mengetahui bahwa hari itu pengumumannya.
“hilda, hari ini pengumumannya yah,, ayo bunda anterin kamu untuk melihat pengumuman” ucap bunda hilda
“hmmm.. iyah bunda, tapi nanti kalau aku tidak di terima, bunda jangan marah yah,, hehee (sambil senyum) “jawab hilda
“iyah.. kalau pun kamu tidak di terima bunda tidak akan marah ko”
Sebenarnya hilda sudah punya rencana jika dia tidak di terima dalam tes tersebut, dia akan menunda kuliahnya, dan akan mengikuti test lagi tahun depan. Walaupun orang tua nya tidak menyutujuinya, hilda yakin jikalau gagal itu biasa dan terus berusaha itu baru luar biasa.
Ketika hilda dan bundanya sudah sampai untuk melihat pengumuman tersebut, hati hilda seperti genderang yang terus di pukul mengeluarkan bunyi yang sangat keras, perasaannya bercampur aduk, gelisah, penasaran,takut, dan sebagainya. Begitu hilda dan bundanya melihat pengumuman tersebut ternyata hilda di terima sebagai mahasiswi di perguruan tinggi yang dia impikan. Hilda pun sangat bersyukur kepada Allah yang telah mengabulkan doanya. Berterima kasih kepada keluarga yang selalu mendukung nya setiap saat untuk menggapai impiannya.
Nb: kita harus yakin bahwa sukses itu mimpi besar yang harus di wujudkan dan harapan itu seperti sebuah masa depan, apa yang Kita kerjakan sekarang adalah hasil dari apa yang ingin kita raih untuk masa depan kita.
Nama               :Lina purniawati
Alamat            :Jln ki mudakir link jangkar wetan, RT/RW: 17/03, kel tegal ratu, kec ciwandan, Cilegon
CP                   :089675239867

Majalah remaja KUNTUM mengundang segenap pencinta dunia fiksi untuk ikut dalam kompetisi yang menantang ini. Adapun ketentuan lomba sebagai berikut:
  1. Terbuka untuk umum (pelajar, mahasiswa, umum, baik dalam maupun luar negeri). 1 peserta hanya boleh mengirimkan 1 karya.
  2. Tema cerpen bebas, pastinya yang mengajak pada kebaikan dengan panjang naskah maksimal 800 kata.Boleh lebih asal tidak berlebihan.
  3. Naskah bersifat orisinil, belum pernah dipublikasikan di media manapun (cetak maupun online), juga tidak sedang diikutsertakan dalam sayembara lain.
  4. Setiap peserta wajib me LIKE fanspage Majalah Kuntum dan FOLLOW twitter Majalah Kuntum, serta berteman dengan PJ Lomba Triana Chandraningrum.
  5. Setiap peserta wajib memposting informasi lomba ini melalui note di akun FB pribadi masing-masing dan juga naskah cerpennya dengan mencantumkan salah satu foto Cover Majalah Kuntum edisi mana saja serta mentag note tersebut sebanyak-banyaknya teman (termasuk PJ Lomba ).
  6. Di bawah naskah cerpen dilengkapi dengan nama lengkap, alamat lengkap dan nomor kontak yang bisa dihubungi.
  7. Naskah yang ditulis di note FB peserta dikirim juga backupannya/softcopy melalui email majalah_kuntum@yahoo.com dengan subject "LOMBA CERPEN 2012" paling lambat tanggal 20 Desember 2012 .
  8. Panitia berhak mendiskualifikasi naskah yang tidak sesuai dengan ketentuan
  9. Ketentuan Dewan Juri Tidak dapat diganggu gugat.
  10. Naskah yang sudah diterima menjadi hak Majalah Kuntum.
  11. Juara 1, 2, 3 dan naskah terbaik dipilih berdasarkan kriteria penilaian yang ditetapkan, sementara pemenang favorit dipilih berdasar jumlah ‘like’ terbanyak.
Hadiah
  1. Juara 1: Rp. 300 ribu + Piagam Penghargaan + Paket Berlangganan Majalah KUNTUM selama 1 tahun.
  2. Juara 2: Rp. 200 ribu + Piagam Penghargaan + Paket Berlangganan Majalah KUNTUM selama 6 bulan.
  3. Juara 3: Rp. 100 ribu + Piagam Penghargaan + Paket Berlangganan Majalah KUNTUM selama 3 bulan.
  4. 1 Cerpen terfavorit: Rp. 50 ribu + Piagam Penghargaan + Paket Berlangganan Majalah KUNTUM selama 3 bulan.
  5. 10 naskah terbaik akan diterbitkan di Majalah KUNTUM (dengan mendapat reward yang semestinya).
  6. 25 naskah terbaik akan diterbitkan menjadi sebuah buku antologi cerpen.
  7. Seluruh peserta akan mendapatkan piagam penghargaan online.
*Polling LIKE Ditutup tanggal 31 Desember 2012 pukul 00.00 WIB.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar